Rabu, 02 September 2015

Kota Makassar


Setelah berpindah-pindah dari banyak daerah di Indonesia, akhirnya aku sekarang tinggal di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.


Kota Makassar, dari 1971 hingga 1999 secara resmi dikenal sebagai Ujung Pandang adalah ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. Makassar biasa juga disebut kotanya para karaeng. Makassar merupakan kota terbesar di kawasan Indonesia Timur dan di masa lalu pernah menjadi ibukota Negara Indonesia Timur dan Provinsi Sulawesi. Makassar terletak di pesisir barat daya Pulau Sulawesi dan berbatasan dengan Selat Makassar di sebelah barat, Kabupaten Kepulauan Pangkajene di sebelah utara, Kabupaten Maros di sebelah timur dan Kabupaten Gowa di sebelah selatan.

Dari aspek pembangunan dan infrastruktur, kota Makassar tergolong salah satu kota metropolitan di Indonesia, yaitu urutan kedua terbesar diluar pulau Jawa setelah kota Medan. Dengan memiliki wilayah seluas 199,26 km² dan penduduk hampir mencapai 1,6 juta jiwa, kota ini berada di urutan kelima dalam hal jumlah penduduk setelah Jakarta, Surabaya, Bandung dan Medan. Secara demografis, kota ini tergolong tipe multi etnik atau multi kultur dengan beragam suku bangsa yang menetap di dalamnya, diantaranya yang signifikan jumlahnya adalah Bugis, Toraja, Mandar, Buton, Jawa, dan Tionghoa. Makanan khas Makassar yang umum dijumpai di pelosok kota adalah Coto Makassar, Nasu Palleko, Jalangkote, Pallu Basa, Palubutung, Pisang Ijo, Pisang Epe, Sop Saudara, Sop Konro dan lain-lain.


Sebenarnya di Makassar juga terdapat Universitas yang terkenal yaitu Universitas Hasanuddin. Namun, saya lebih memilih untuk berkuliah di Universitas Muhammadiyah Malang. Ada beberapa alasan yang membuat saya ingin berkuliah di Malang, yang pertama karena kakak saya sudah lebih dahulu berkuliah di Malang, alasan kedua yaitu karena sejuknya kota Malang yang membuat saya betah, dan alasan utama yaitu karena Universitas Muhammadiyah Malang adalah salah satu Universitas yang terbaik di Indonesia. Namun, rasa kangen terhadap Makassar masih aku rasakan. 

Banyak tempat wisata yang ada di Makassar, seperti Pantai Losari, Fort Rotterdam, Benteng Somba Opu, Pantai Akarena, Pulau Lae-Lae, Pulau Khayangan, Trans Studio (Indoor Theme Park terbesar di dunia)dan masih banyak lagi tempat wisata menarik di sana. Kalian harus berkunjung sekali ke Makassar agar dapat merasakan tempat-tempat wisata tersebut. :)

Sumber:
https://id.wikipedia.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar